Home » » Jembatan Sisera-sera Amblas

Jembatan Sisera-sera Amblas

Jembatan Sisera-sera yang berada di Jalinsum Parapat - Girsang mengalami penurunan atau amblas sehingga menyebabkan terganggunya transportasi darat menuju Toba. Amblasnya jembatan ini yang terjadi pada tanggal 14 November 2014 membuat pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menutup jembatan ini dan mengalihkannya melalui jalur alternatif. Penyebab amblasnya jembatan diprediksi karena melintasnya kendaraan bertonase berat yang melebihi kapasitas jembatan.



Sebelumnya jembatan ini sudah pernah amblas beberapa centimeter tetapi masih bisa dilewati setelah pihak PT. TPL Porsea membuat plat besi baja yang dapat menahan beban kendaraan hingga puluhan ton. Namun lama-kelamaan plat besi ini peot dan salah satu ujung jembatan kembali mengalami penurunan hingga 30 cm. Amblasnya jembatan ini tidak hanya membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan, tetapi juga mematahkan pipa besar PDAM dibawah jembatan yang mengalirkan air bersih dari Sipangan Bolon ke Parapat.

Jalur lintas dari jembatan ini terpaksa ditutup dan dialihkan dari hutan Sitahoan, Girsang 1, dan dari desa Motung. Pengalihan lalu lintas ini tidak serta merta melancarkan arus lalu lintas, tapi malah membuat kemacetan baru dijalur alternatif. Kemacetan di jalur alternatif Sitahoan yang membelah hutan dari Sipangan Bolon hingga ke Simpang Palang dan juga di Girsang satu disebabkan jalan rusak dan sempit, sedangkan jalur alternatif Motung macet karena adanya kendaraan yang rodanya terjebak dalam tanah liat. Kebetulan jalan di daerah Motung sedang dilakukan pelebaran yang dibiayai oleh putra daerah yang sukses di perantauan. Menurut warga desa Motung, baru kali inilah jalan lintas desa mereka terjadi kemacetan parah mulai malam hingga dini hari.



Untuk mengurai kemacetan pihak Kepolisian dan para pengendara kendaraan bermotor saling bahu membahu. Petugas menghimbau pengendara agar ekstra sabar menghadapi situasi ini karena tidak ada pilihan lain selain melintas dari jalur alternatif tersebut. Lima hari kemudian plat baja kembali berhasil dipasang dan jembatan pun bisa difungsikan kembali sambil menunggu pembangunan jembatan baru disebelahnya selesai dilaksanakan.

1 komentar:

  1. Terimakasih Admin buat berita-beritanya, permintaan mohon tanggal postingan berita agar muncul di atas, dari semua berita yang masuk tidak ada tanggalnya.

    BalasHapus