Home » , » Penyematan Kacu Penggalang 075-076 Parapat

Penyematan Kacu Penggalang 075-076 Parapat

Pramuka penggalang gudep 075-076 Girsang Sipangan Bolon Parapat mengadakan penyematan kacu bagi sekitar 130 anggota baru. Penyematan kacu ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2014 yang bertempat di komplek lapangan terbang Sibisa. Upacara penyematan kacu ini diadakan setelah anggota-anggota baru tersebut telah dilatih kurang lebih lima bulan dan seminggu sebelumnya telah diadakan plonco untuk menguji ketahanan fisik dan pengetahuan dasar tentang kepramukaan.



Upacara penyematan kacu dipimpin dan dilakukan langsung oleh C. Siallagan, STh yang merupakan kakak pembina Pramuka gudep 075-076 Parapat yang menjadi bagian dari SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon. Siallagan dalam arahannya mengingatkan bahwa kacu yang dikenakan tersebut sebagai tanda bahwa mereka telah sah dan setara dengan pramuka lainnya. Kacu yang disematkan tersebut juga sebagai symbol bendera merah putih dan setiap anggota harus bangga mengenakannya. Masih dalam arahannya Siallagan juga berpesan agar mereka yang menjadi anggota baru agar tetap rajin mengikuti latihan yang dilakukan setiap hari Sabtu, karena ilmu dan pelatihan yang didapat dalam kepramukaan akan bermanfaat sebagai bekal dimasa yang akan datang.

Seminggu sebelum penyematan kacu





Penyematan kacu ini dirangkai dengan pemberian tanda kecakapan khusus (TKK) bagi pramuka penggalang senior yang telah memenuhi syarat untuk menerima TKK tersebut. Setelah upacara penyematan kacu selesai, seluruh anggota pramuka melakukan longmarch (berjalan kaki) pulang menuju Parapat. Rute yang ditempuh puluhan kilometer tidak menyurutkan seluruh personel pramuka penggalang gudep 075-076 Parapat ini. Perjalanan pulang melalui rute Sibisa – Motung – Ajibata – Parapat. Rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir sudah dirancang jauh hari sebelumnya yang merupakan hasil musyawarah bersama yang diwakili oleh pimpinan-pimpinan regu.

0 komentar:

Posting Komentar