Home » » Bersih-Bersih Danau Toba Jelang Lebaran

Bersih-Bersih Danau Toba Jelang Lebaran

Menjelang Lebaran 2014 GMK Girsang Sipangan Bolon kembali mengadakan kegiatan bersih-bersih Danau Toba Parapat. Kegiatan ini masih tetap diberi nama "Clean Up Danau Toba" dan mengundang/mengajak seluruh elemen masyarakat yang peduli dan punya waktu untuk ikut bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan "Clean Up Danau Toba" yang dilaksanakan pada hari Sabtu (26 Juli 2014) mulai pukul 09:00 s/d 12:00 WIB ini merupakan kegiatan ke-6 kalinya sejak digelar pertama kali sejak bulan Januari 2014. Kegiatan "Clean Up Danau Toba" ke-6 ini seharusnya digelar pada bulan Juni, akan tetapi tertunda yang diakibatkan kesibukan pengurus GMK maupun masyarakat Parapat dalam persiapan Pilpres 2014 di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.



GMK menentukan titik kumpul di Pantai Bebas Parapat, namun elemen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini masih didominasi oleh wajah-wajah lama. Remaja HKBP Parapat tetap ikut ambil bagian dalam kegiatan ini yang dipimpin oleh Pdt. Frando Hutauruk, STh dan dikoordinir oleh Ketua Remaja HKBP Parapat Roni Sinaga. Tepat pukul 09:00 WIB para relawan sudah berkumpul di Pantai Bebas lalu membersihkan tepi pantai karena masih menunggu proses penurunan kapal dari Pantai Hotel Wisata Bahari. Pengurus GMK kali ini meminjam kapal TNI-AL milik Hotel Wisata Bahari untuk digunakan membersihkan perairan Danau Toba dari sampah organik maupun anorganik.




Manager Hotel Wisata Bahari Bpk. Mayor Laut (KH) Agus Salim langsung memberi persetujuan dengan mengerahkan karyawan hotel untuk membantu para relawan menurunkan kapal tersebut dari pasir pantai ke danau. Agus Salim selama ini memang terkenal punya rasa kepedulian terhadap kegiatan-kegiatan positif di kota Parapat terlebih kegiatan yang mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba Parapat. Pihak hotel kemudian menginstruksikan salah satu karyawannya yang sedang off sebagai nahkoda. Selain itu pihak hotel juga memberi keterangan singkat tentang daya tampung maksimal kapal dan banyaknya minyak yang harus diisi oleh pengurus GMK agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di danau.



Sekitar pukul 10:00 WIB kapal sudah diturunkan ke danau dan para relawan berangkat dengan membawa jaring dan goni untuk membersihkan sampah dari perairan Danau Toba. Rute bersih-bersih kali ini adalah: Perairan Danau Toba Istana Presiden - Pantai Kasih - Inna Parapat - Tamora - Tarabunga - Toba Cove - Atsari - Hotel Toba - Hotel Wisata Bahari - Pantai Bebas - Hotel Pelangi - Siantar Hotel - Sualan. Saat relawan menelusuri tepi-tepi pantai tersebut, sampah sangat jarang terlihat. Sepertinya masyarakat maupun pelaku pariwisata di tepi-tepi pantai sudah membersihkan perairan pantai tersebut menjelang Lebaran tahun ini. Relawan lebih banyak mendapatkan dan mengumpulkan sampah dari tengah danau yang didominasi eceng gondok.



Kegiatan "Clean Up Danau Toba" ke-6 ini berakhir sekitar pukul 12:00 WIB seiring dengan gelombang ombak mulai membesar. Pada saat musim kemarau panjang pertengahan tahun, ombak besar di Danau Toba sering muncul mulai siang hingga sore hari. Pengurus GMK memang sudah memperhitungkan keadaan ini, oleh sebab itulah kegiatan ini dilaksanakan pagi hari. Setelah mengembalikan kapal ke posisi semula dan sebelum membubarkan diri, para relawan dan pengurus GMK menikmati teh/kopi/susu dan kue untuk mengganjal perut sebelum pulang ke rumah. Sampah organik dan anorganik yang sudah terkumpul sebanyak 5 goni kemudian dibuang oleh pengurus GMK ke tempat pembuangan sampah. Semoga kegiatan kecil ini dapat membantu kelestarian Danau Toba dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar kita.

3 komentar:

  1. Saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan batin, salam

    BalasHapus
  2. datang berkunjung sambil menyimak, o iya minal aidin walfaidin ya, ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  3. berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

    BalasHapus