Home » » Ibadah Subuh Paskah (Buha-Buha Ijuk)

Ibadah Subuh Paskah (Buha-Buha Ijuk)

Saat hari perayaan Paskah di kota Parapat, Ibadah Subuh atau sering disebut dengan "Buha-Buha Ijuk" menjadi daya tarik tersendiri. Pada saat subuh di hari Paskah (sekitar pukul 04.30 WIB), jalanan kota Parapat akan diramaikan oleh umat Kristiani yang ingin merayakan Paskah. Umat Kristiani beramai-ramai berangkat ke Gereja dan ke pekuburan untuk melakukan ibadah subuh. Hal paling unik adalah tempat ibadah subuh dalam menyambut Paskah yang dilakukan oleh jemaat HKBP Parapat dimana dilangsungkan di pekuburan Kristen yang dinamakan "Guluan".



Kebiasaan ini telah menjadi tradisi jemaat HKBP Parapat untuk melangsungkan ibadah subuh di pekuburan Kristen sebagai moment saat-saat Maria Magdalena mengetahui Yesus Kristus telah bangkit dari kubur. Pekuburan sering dianggap oleh sebahagian orang sebagai tempat yang angker, tapi tidak demikian bagi umat Kristiani. Pekuburan Guluan tiba-tiba ramai oleh jemaat HKBP yang akan melakukan ibadah "Buha-Buha Ijuk" sekaligus untuk ziarah. Suasana kuburan yang biasanya gelap tiba-tiba terang benderang oleh cahaya lampu dan juga ribuan lilin yang dinyalakan disekitar kuburan.



Ibadah berlangsung khidmat dan penuh sukacita sambil melantunkan lagu-lagu rohani berthemakan kemenangan Yesus mengalahkan maut. Kebangkitan Yesus menjadi simbol kemenangan umat Kristen karena telah terbebas dari dosa. Selesai kebaktian seluruh jemaat sarapan bersama memakan kue lepat dan minum teh manis/kopi. Cuaca sangat mendukung pada saat kebaktian "Buha-Buha Ijuk" yang diadakan di pekuburan "Guluan" Parapat ini. Setelah rangkaian ibadah selesai, seluruh jemaat kembali kerumah masing-masing dengan penuh sukacita.

0 komentar:

Posting Komentar