Home » » Clean Up Danau Toba Part 5

Clean Up Danau Toba Part 5

Kegiatan bersih-bersih Danau Toba yang diprakarsai oleh GMK Parapat masih berlangsung berkelanjutan. Kegiatan yang diberi nama "Clean Up Danau Toba" telah memasuki kegiatan kelima di tahun 2014 ini sejak digelar pertama kali pada Januari 2014. Clean Up Danau Toba Part 5 ini digelar pada hari Sabtu, 24 Mei 2014 yang dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada pagi hari (Mulai pukul 08.00 WIB s/d selesai) dan gelombang kedua dilakukan pada sore hari (Mulai pukul 15.00 WIB s/d selesai).

1. Clean Up Part 5 Gelombang Pagi
Relawan yang terlibat pada kegiatan pagi tergolong banyak yang berasal dari anggota pramuka MTs Al-Muttaqin Parapat yang dibimbing oleh bpk. Radisan salah seorang tenaga pendidik di MTs tersebut. Kawasan bersih-bersih gelombang pagi memilih tempat dibagian darat yaitu sepanjang jalan mulai dari kantor Polsek Parapat sampai dengan kawasan Open Stage (Pagoda). Dengan penuh semangat anggota Pramuka MTs Al-Muttaqin ini memungut sampah kedalam kantong plastik maupun goni yang sudah dipersiapkan panitia. Cuaca pada hari Sabtu sangat cerah dan mendukung kegiatan bersih-bersih ini.



Setelah sampai di lapangan open stage, sampah yang berserakan telah menanti untuk dibersihkan. Kebetulan tanah lapang di kawasan open stage ini baru dibabat dan terlihatlah semua sampah-sampah plastik yang selama ini tersembunyi dibalik rumput. Setelah beristirahat sejenak para relawan kembali melanjutkan kegiatan bersih-bersih dan memunguti sampah plastik yang bertebaran di kawasan open stage tersebut. Secara kebetulan pramuka SMP N 1 Parapat sedang melakukan latihan di tempat ini dan mereka turut bergabung untuk membersihkan kawasan open stage dan jalan raya seputaran pantai.




Sampah yang sudah terkumpul langsung dibuang ke truk sampah yang kebetulan bertugas disekitar kawasan open stage. Walaupun beberapa anggota pramuka MTs Al-Muttaqin ini bukan orang asli Parapat, tapi mereka tetap peduli akan kebersihan dan keindahan kota Parapat. Kegiatan bersih-bersih gelombang pagi ini berakhir sekitar pukul 10.30 WIB. Anggota pramuka MTs Al-Muttaqin kembali ke sekolah mereka untuk melanjutkan kegiatan sedangkan pramuka SMP N 1 Parapat melanjutkan latihan di lapangan open stage tersebut.

2. Clean Up Part 5 Gelombang Sore
Kegiatan Clean Up gelombang sore diikuti oleh remaja dan pemuda HKBP Parapat yang dipimpin oleh C.Pdt. Frando Hutauruk, STh. Konsentrasi bersih-bersih diadakan di perairan Danau Toba yang dimulai dari Pantai Bebas Parapat. Relawan yang hadir pada kegiatan sore ini juga tergolong banyak sehingga harus menyewa 3 perahu motor (2 boat + 1 bebek bermesin). Relawan sore hari lebih didominasi oleh para remaja, namun walaupun begitu semangat mereka tidak kalah dengan orang dewasa.



Sewaktu menunggu kedatangan panitia ke titik kumpul (Pantai Bebas Parapat), para relawan ini sudah melakukan bersih-bersih dibagian tepi pantai. Setelah panitia hadir dan bernegosiasi dengan pemilik perahu motor, barulah kegiatan bersih-bersih dilanjutkan ke perairan Danau Toba. Tiap perahu motor terdiri dari putra dan putri dengan membawa perlengkapan jaring dan goni. Kegiatan bersih-bersih danau berlangsung kurang lebih 2,5 jam dan mengumpulkan lumayan banyak sampah berupa organik dan non organik. Kegiatan Clean Up Danau Toba gelombang sore selesai sekitar pukul 18.00 WIB  dan sampah yang sudah terkumpul dibuang ke tempat pembuangan sampah.

0 komentar:

Posting Komentar