Home » , , » Drama Kolosal Jalan Salib 2014

Drama Kolosal Jalan Salib 2014

Jumat Agung adalah salah satu hari besar umat Kristen dimana pada hari tersebut diperingati sebagai hari kematian Yesus Kristus hanya untuk menebus dosa manusia. Sehubungan dengan moment tersebut Ikatan Muda-Mudi Siburak-Burak (IMMS) menyelenggarakan sebuah drama kolosal jalan salib bernuansa budaya Batak Toba di Open Stage (Pagoda) Parapat pada hari Jumat 18 April 2014 yang dimulai pukul 15.00 WIB. Drama kolosal ini mengangkat judul "JESUS TARPAJAL DI TANO BATAK" (Yesus Disalibkan di Tanah Batak). Drama ini disutradarai oleh Sarido Ambarita dan pendanaannya merupakan hasil dari swadaya masyarakat Parapat, khususnya lingkungan Siburak-burak yang berada di perantauan maupun yang tinggal di kampung halaman.



Drama kolosal ini menceritakan perjalanan Yesus Kristus yang diadopsi ke dalam versi Batak Toba. Judul drama yang menyatakan Yesus Disalibkan di Tanah Batak hanya sebagai simbol saja untuk mengartikan bahwa Yesus hadir dalam hati seluruh umat manusia dimanapun berada asalkan percaya kepada-Nya. Awal kisah Yesus dalam drama kolosal ini dimulai dari saat Yesus hadir di Tanah Batak, dicobai Iblis, mengangkat murid-muridnya, membuat berbagai mujizat, hingga mati di kayu salib demi menebus dosa umat manusia. Tempat pertunjukan memanfaatkan hampir seluruh lapangan open stage (Pagoda) hingga ke jalan raya Jl. Pora-pora (kawasan pantai) untuk latar jalan salib. 




Pertunjukan drama ini sukses menarik antusias warga Parapat sekitarnya serta tamu yang sedang berkunjung ke kota Parapat. Drama ini diharapkan dapat menggugah hati umat Kristiani untuk lebih merasakan bagaimana pengorbanan Yesus yang menderita hingga mati di kayu salib hanya untuk menebus dosa umat manusia. Disamping itu pertunjukan drama ini juga terlihat sangat kompeten untuk melestarikan budaya Batak Toba dan juga untuk membangkitkan pariwisata kota Parapat melalui kearifan lokal. Drama berakhir sekitar pukul 18.30 WIB dan pada malam harinya masih dilanjutkan dengan konser lagu-lagu rohani yang dibawakan oleh seniman dan musisi dari kota Parapat. <Foto-foto drama kolosal "Jesus Tarpajal di Tano Batak" bisa dilihat di page facebook ParapatNews>

0 komentar:

Posting Komentar