Home » » Penanaman Pohon Taman Jubileum 50 Thn CCA

Penanaman Pohon Taman Jubileum 50 Thn CCA

Pada tanggal 10 Maret 2014 Bupati Simalungun bersama dengan PUSERA (Pusat Study Ekonomi Rakyat) Sumut melakukan penanaman pohon di Taman Jubileum 50 Tahun Dewan Gereja Asia (CCA). Penanaman pohon ini sebagai kelanjutan dari wujud peduli lingkungan yang dilakukan pada tahun 2007 pada saat Konferensi Gereja-Gereja se-Asia ke-50 di kota Parapat. Pada waktu itu lebih dari 56 pimpinan Gereja-Gereja se-Asia dan Eropa melakukan penanaman pohon di perbukitan Sibatu Loting di daerah Panatapan Parapat yang sekarang dikenal dengan Taman CCA.



Sejak tahun 2007 panitia Jubileum 50 Tahun Dewan Gereja Asia tetap merawat tempat ini dimana pohon yang ditanam pada waktu itu telah tumbuh besar dan dibuatkan prasasti dari setiap orang yang melakukan penanaman pohon tersebut. Perawatan perbukitan ini mendapat dukungan dari masyarakat dan juga pemerintah. Kini taman CCA telah menjadi saksi sejarah sebagai wujud rasa syukur akan anugrah Tuhan dan wujud rasa cinta terhadap alam. Oleh sebab itu, taman ini kedepan direncanakan dibangun agar dapat menginspirasi generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang. 




Dalam penanaman pohon ini dihadiri oleh DR. R.E. Nainggolan (Ketua PUSERA), DR. J. R. Saragih (Bupati Simalungun), Pdt. DR. Jamilin Sirait (Korwil PGI Sumut), Pdt. Bonar Gultom (Sekum PGI Pusat), JA Ferdinandus (Sumut berdoa), Pdt. Darwis Manurung (Bishop GMI), Jonri W. Purba (Camat Girsang Sipangan Bolon), dan rombongan lainnya. Sebelum penanaman pohon dilakukan, RE Nainggolan terlebih dahulu memberi laporan kegiatan dan rencana kedepan Taman CCA ini kepada Bupati Simalungun. RE Nainggolan menyebutkan dikawasan ini direncanakan akan dibangun berbagai sarana pendukung yang menyerupai bukit doa.



Bupati Simalungun mengatakan pemkab sangat mendukung pembangunan taman ini, karena hal ini mendukung pelestarian alam kawasan Danau Toba. Disamping itu rencana ini juga dapat menunjang pariwisata Kabupaten Simalungun dimana kota Parapat telah memiliki sejarah bagi pimpinan-pimpinan Gereja dunia. Namun walaupun seperti itu, JR Saragih berpesan agar melengkapi terlebih dahulu segala persyaratan pembangunan taman CCA ini, seperti batas-batas wilayah dan izin dari Kementerian Kehutanan. Menurut Bupati Izin ini diperlukan karena kawasan ini masih berada dalam kawasan hutan register.

Gambar rencana pembangunan Taman CCA

Jika semua kelengkapan tersebut sudah terpenuhi, JR Saragih berjanji kalau Pemkab Simalungun akan memberi bantuan sebesar 500 juta. Penanaman pohon pun dilakukan di lubang-lubang yang sudah disediakan panitia dan nantinya di dekat pohon tersebut akan dibangun prasasti dari orang yang menanamnya. Seorang warga sekitar marga Manik telah dihunjuk oleh panitia untuk merawat pohon-pohon ini nantinya hingga tumbuh besar. Semoga rencana pembangunan Taman CCA ini dapat terwujud kedepan.

1 komentar:

  1. sebagai wujud rasa syukur akan anugrah Tuhan dan wujud rasa cinta terhadap alam

    BalasHapus