Home » » Olimpiade UN SMP di Kab. Simalungun

Olimpiade UN SMP di Kab. Simalungun

Setelah pada bulan Februari yang lalu diadakan Olimpiade SOSF XII, kini ada lagi diadakan olimpiade UN untuk siswa/i SMP kelas 9 se-Kabupaten Simalungun. Pemkab Simalungun mengadakan Olimpiade Ujian Nasional (UN) tingkat SMP pada hari Sabtu, 8 Maret 2014 bertempat di SMA/SMK Plus Efarina Pematang Raya. Olimpiade ini dilaksanakan mulai pagi sampai sore hari dan dibagi dalam 3 gelombang yang diikuti kurang lebih 3880 siswa/i kelas 9 SMP Negeri maupun Swasta yang berada di wilayah Kabupaten Simalungun.

Sesaat sebelum ujian Olimpiade UN

Selain untuk meraih gelar juara, olimpiade ini juga dapat menjadi acuan bagi peserta untuk mengukur kemampuannya dalam menghadapi Ujian Nasional 2014. Peserta olimpiade diberikan waktu 120 menit untuk menyelesaikan 80 soal yang terdiri dari mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Olimpiade ini dibuat semirip mungkin seperti ujian nasional, yaitu dengan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) menggunakan pensil 2B yang nantinya akan diperiksa menggunakan komputer.

Siswa/i kelas 9 dari berbagai SMP di Kabupaten Simalungun nampak bersemangat untuk mengikuti olimpiade ini tanpa terkecuali dari kota Parapat (Kecamatan Girsang Sipangan Bolon). Sekitar 280 siswa/i kelas 9 dari kota Parapat berangkat ke Pematang Raya untuk mencoba meraih juara maupun sekedar untuk mengukur kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional 2014. Peserta terbanyak dari kota Parapat berasal dari SMP N 2 Girsang Sipangan Bolon dimana sekolah ini salah satu SMP berstatus SSN (Sekolah Standar Nasional) di Kabupaten Simalungun.

SMA/SMK Plus Efarina tempat pelaksanaan Olimpiade

Walaupun siswa/i dari kecamatan Girsang Sipangan Bolon tidak ada yang berhasil masuk 10 besar, namun mereka mendapat pengalaman berharga dalam mengukur kemampuan akademiknya. Berikut nama-nama peserta yang berhasil menjadi juara dan masuk dalam 10 besar (Berurut mulai Juara 1 sampai dengan ranking 10):
  • Windy PM Situmorang (SMP Negeri 1 Sidamanik) - NR = 7,23
  • Inggrid T Sitio (SMP Bunda Mulia) - NR = 7,13
  • Marfidu F Damanik (SMP Negeri 1 Sidamanik) - NR = 6,73
  • Monita Purba (SMP Negeri 1 Sidamanik) - NR = 6,63
  • Peganisa M Saragih (SMP Negeri 2 Raya) - NR = 6,63
  • Dearni W Sipayung (SMP Negeri 1 Raya) - NR = 6,63
  • Monica M Nainggolan (SMP Negeri 1 Jorlang Hataran) - NR = 6,63
  • Grace S Malalu (SMP Negeri 1 Sidamanik) - NR = 6,63
  • Kicin Diajusi Purba (SMP Negeri 1 Sidamanik) - NR = 6,50
  • Sondang Rohdearni P (SMP Negeri 2 Raya) - NR = 6,50
Acara diakhiri dengan pembagian hadiah bagi ranking 1 - 10 yang dilakukan oleh Bupati Simalungun beserta jajarannya. Kesepuluh siswa/i berprestasi tersebut berhak mendapatkan trophy/piala, piagam, dan uang pembinaan. Disamping itu kesepuluh siswa/i tersebut juga digratiskan uang pendaftaran jika berminat masuk ke SMA/SMK Plus Efarina dalam melanjutkan pendidikannya. Bagi peserta olimpiade yang belum berhasil menjadi juara juga akan diberikan piagam penghargaan.

0 komentar:

Posting Komentar