Home » » Bersih-Bersih Danau Toba Tahap 2

Bersih-Bersih Danau Toba Tahap 2

Pada bulan Januari 2014 Generasi Muda Kristen (GMK) kecamatan Girsang Sipangan Bolon mengadakan kegiatan bersih-bersih Danau Toba yang diberi nama "Clean Up Danau Toba". Kegiatan "Clean Up Danau Toba" ini sebagai wujud rasa cinta terhadap Danau Toba dimana akhir-akhir ini semakin banyak yang mengabaikannya. Untuk menularkan rasa cinta Danau Toba ini, GMK kembali mengadakan "Clean Up Danau Toba" jilid ke-2 pada hari Sabtu, 15 Februari 2014. Kegiatan ini kembali dilakukan untuk merangsang dan menularkan semangat melestarikan Danau Toba kepada masyarakat sekitar maupun kepada para tamu yang berkunjung.



Kegiatan ini mendapat respon positif dari Remaja dan NHKBP Parapat dimana mereka turut serta berpartisipasi untuk membersihkan Danau Toba dari sampah organik maupun anorganik. Pada kegiatan "Clean Up Danau Toba" jilid pertama yang dilaksanakan pada bulan Januari 2014 jumlah personel hanya berkisar 10 orang, namun kali ini sudah bertambah menjadi sekitar 20 orang. Wajah-wajah baru dan muda menghiasi jajaran para relawan dan hal ini cukup membanggakan karena akan tumbuh "tunas-tunas muda" yang merasa perduli terhadap kelestarian Danau Toba.



Kegiatan bersih-bersih Danau Toba jilid ke-2 ini dilaksanakan pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB dengan titik kumpul di Pantai Bebas Parapat. Dua boat pun disewa seiring dengan bertambahnya jumlah personel yang turut berpartisipasi. Dengan penuh semangat, para remaja dan NHKBP Parapat yang dibimbing GMK Girsang Sipangan Bolon berangkat menuju danau dengan membawa jaring dan goni. Satu satu sampah yang tergenang di Danau Toba dikumpulkan kedalam boat. Perairan yang dibersihkan mencakup pantai bebas, pantai atsari, pantai kasih, pantai istana presiden, perairan Tiga Raja, Perairan sekitar Hotel Pelangi dan Siantar Hotel, dan terakhir perairan Batu Gantung.



Kegiatan bersih-bersih sangat cepat dikerjakan karena banyaknya personel yang turut berpartisipasi. Disamping itu sampah yang mengotori Danau Toba sore itu tidak begitu banyak, sepertinya kesadaran masyarakat untuk melestarikan Danau Toba sudah mulai menunjukkan perkembangan. Kegiatan berakhir sekitar pukul 18.00 WIB dan semua sampah diangkut menggunakan mobil pick-up untuk dibuang ke TPA. Di penghujung kegiatan seluruh relawan menikmati suguhan mie goreng dan minum teh manis/kopi. Sebelum pulang seluruh relawan memanjatkan doa yang dipimpin oleh seorang dari NHKBP Parapat.




Ketua GMK, Mulia Sidabutar mengucapkan banyak terimakasih kepada semua relawan yang mau berpartisipasi serta donateur yang mau membantu hingga terlaksananya kegiatan ini. Harapan GMK kedepan kegiatan ini dapat dilakukan sekali sebulan dan dapat menularkan semangat untuk melestarikan Danau Toba kepada semua lapisan masyarakat. Kita berharap semoga kegiatan ini tetap berkelanjutan demi Parapat yang lebih baik. Mari ajak orang disekitar kita untuk melestarikan lingkungan dan Danau Toba dimulai dari hal yang terkecil dan dari diri sendiri :)

2 komentar:

  1. Mantap (y) Kegiatan yang bagus , semoga semakin meningkat org" yg berpatisipasi :)

    BalasHapus