Home » , » Pawai Lilin Berjalan Sukses dan Penuh Suka Cita

Pawai Lilin Berjalan Sukses dan Penuh Suka Cita

Pawai lilin yang diprakarsai oleh Generai Muda Kristen (GMK) Kecamatan Girsang Sipangan Bolon akhirnya berjalan dengan sukses dan penuh suka cita. Pawai dimulai sekitar pukul 21.30 WIB seusai Kebaktian Natal Umum dari Gereja. Langit kota Parapat pada saat malam pawai sangat cerah bertabur bintang-bintang dan sangat mendukung kegiatan ini. Pawai dimulai dari jalan raya di kawasan Open Stage (Pagoda) Parapat yang diikuti oleh anak-anak, remaja, muda-mudi, orang tua, Muspika, perwakilan Gereja, dan turis lokal maupun mancanegara. Pawai lilin ini dilepas oleh Muspika dan melewati rute Siburak-burak - Tigaraja - Jl. Josep Sinaga - Jl. Merdeka - Selamat Datang - Jl. Sisingamangaraja (Kota) - Pantai Bebas Parapat.




Dalam iring-iringan pawai lilin ini para remaja dan muda-mudi berjalan kaki sambil membawa lilin, sedangkan para orang tua dan mereka yang kondisi fisiknya kurang fit menaiki kendaraan roda dua dan empat. Lagu-lagu Natal yang dilantunkan dari sound system memberi semangat luar biasa bagi seluruh peserta terlebih bagi peserta yang berjalan kaki. Walaupun rute yang ditempuh cukup jauh, tapi hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta yang berjalan kaki untuk melangkahkan kaki mereka meramaikan pawai tersebut. Iring-iringan ini awalnya sedikit, tapi lambat laun semakin ramai karena banyak yang bergabung setelah iring-iringan lewat dari depan rumah warga.




Sesampainya di Pantai Bebas Parapat, acara dilanjutkan dengan penyalaan api unggun. Koor massal "Malam Kudus" dari seluruh warga dan tamu yang hadir semakin menghangatkan malam Natal di tempat tersebut. Doa dan renungan singkat yang dibawakan oleh Calon Pendeta (C.Pdt) Frando H. Hutauruk, STh disimak oleh warga yang hadir dengan penuh antusias. Puncak acara diakhiri dengan penyalaan dan pelepasan lilin ke pantai Danau Toba. Dalam waktu yang bersamaan Pohon Natal Terapung yang berada di atas danau pun dinyalakan. Ribuan lilin yang menyala dan mengapung di atas air Danau Toba menjadi moment yang paling seru dan sangat indah untuk diceritakan, diabadikan dan untuk dikenang. Sisa-sisa dari lilin terapung ini akan dibersihkan besok paginya oleh panitia dan warga.

0 komentar:

Posting Komentar