Home » , » Perayaan Idul Adha 1434 H di Parapat

Perayaan Idul Adha 1434 H di Parapat

Hari raya Idul Adha telah tiba kembali, umat Islam diberbagai belahan dunia merayakannya dengan penuh suka cita termasuk di kota Parapat. Perayaan Idul Adha 1434 H kali ini (tanggal 10 Dzulhijjah) jatuh pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2013 M. Senin malam (14 Oktober 2013) umat Islam di Parapat melakukan pawai sambil mengumandangkan takbir berkeliling kota Parapat. Meskipun hujan lebat mengguyur kota Parapat sore harinya dan menyisakan gerimis pada malam harinya, tidak menyurutkan umat Muslim di kota Parapat untuk berpawai dan mengumandangkan takbir. Pawai takbiran ini dimulai dari pantai bebas Parapat dan berlangsung dengan aman dan lancar.



Selasa subuh hujan masih mengguyur kota Parapat, namun berangsur-angsur berhenti seiring dengan terbitnya matahari. Sekitar pukul 08.00 WIB umat Muslim di kota Parapat dan sekitarnya mengadakan sholat Ied di gedung Conference Hall (Harungguan Bolon) yang berdekatan dengan lapangan Open Stage. Pada siang harinya diadakan penyembelihan hewan qurban yang pemotongannya diadakan di lapangan Masjid Raya Taqwa Parapat. Hewan kurban yang terkumpul berjumlah 28 yang terdiri dari 12 ekor lembu dan 16 ekor kambing. Daging kurban ini kemudian dibungkus hingga 900 paket untuk dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya yang bertempat tinggal di kecamatan Girsang Sipangan Bolon dan juga sekitarnya.



Acara pembagian daging kurban ini berjalan dengan tertib dan lancar dan mereka yang menerimanya mengucap Alhamdullilah sebagai rasa syukur atas nikmat Allah. Pada perayaan Idul Adha umat Islam dianjurkan melakukan shalat sunnah dua rekaat dan juga dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban bagi yang mampu. Pada kesempatan kali ini admin Parapat News mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam dimanapun berada khususnya bagi yang tinggal di kota parapat sekitarnya".

0 komentar:

Posting Komentar