Home » , , , » Wagubsu Menutup Event Festival Danau Toba 2013

Wagubsu Menutup Event Festival Danau Toba 2013

Tanpa terasa perhelatan event Festival Danau Toba (FDT) 2013 telah berlangsung selama satu minggu sejak dibuka secara resmi oleh Hata Rajasa pada hari Minggu kemarin. Event Festival Danau Toba 2013 inipun sampai dipenghujung kegiatan dan ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi yang ditandai dengan pemukulan "Taganing" (Gendang khas Batak Toba dan Pulau Samosir).



Festival yang dilangsungkan di Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir ini telah berjalan selama satu minggu yang mempertunjukkan berbagai pagelaran seni budaya, lomba olahraga dan seni, pameran ekonomi kreatif dari berbagai daerah kawasan Danau Toba, dan hiburan rakyat. Event ini diharapkan dapat membangkitkan dan mendongkrak kembali pariwisata Danau Toba yang sempat redup belakangan ini. Cuaca terlihat kurang bersahabat saat acara penutupan ini dimana gerimis mengguyur kawasan Tuktuk dan sekitarnya.

Acara penutupan Festival Danau Toba 2013 ini dilangsungkan di bukit Beta Tuktuk yang sudah dipadati oleh pengunjung sejak sore harinya. Acara penutupan ini sangat ramai, berbeda dengan hari kedua sampai hari kelima yang terkesan agak sepi pengunjung. Acara penutupan ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari undangan luar negeri maupun artis-artis dalam negeri khususnya seniman Batak. Beberapa artis yang turut memeriahkan acara penutupan ini diantaranya Tongam Sirait, Rita Butar-Butar, Lea Simanjuntak, Style Voice, Maharani, Edo Kondologit seniman dari Papua, dll.



Pertunjukan World Drum yang pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dan dirangkai dengan pesta kembang api menjadi atraksi penutup dalam acara ini. Malam penutupan ini juga dihadiri oleh Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Bupati Tobasa, Ephorus HKBP, dan perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) menunjuk Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menjadi tuan dan nyonya rumah untuk Festival Danau Toba 2014. Sampai jumpa di Festival Danau Toba 2014 di Balige Tobasa (Sumber foto: @TobaFestival)

2 komentar:

  1. wah sayang sekali saya tidak bisa ikut di acaranya...

    BalasHapus
  2. kualitas infrastuktur, kebersihan danau, fasilitas wisata agar tidak itu2 aja yang dilihat, keramahan masyarakat itu yang sangat penting untuk lebih membuat Parapat dan wisata sekita danau toba bisa lebih maju

    BalasHapus