Home » , » Indonesia Juara AFF Cup U-19 2013

Indonesia Juara AFF Cup U-19 2013

AFF Cup U-19 (dibawah umur 19 thn) tahun 2013 telah sampai pada puncaknya. Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil melaju ke babak final dan harus menghadapi Vietnam U-19 yang sebelumnya berada satu group dengan Indonesia di group B. Pada babak penyisihan group Vietnam menjadi pemuncak group B dan Indonesia menjadi runner-up dan keduanya sudah pernah bertemu yang dimenangkan Vietnam dengan score 2-1. Dengan demikian partai final ini disebut-sebut juga sebagai ajang membalas kekalahan yang diderita Timnas Indonesia U-19 terhadap Vietnam U-19.

Pada babak semifinal tim "Garuda Muda" berhasil mengalahkan Timor Leste dengan score 2-0 sedangkan Vietnam berhasil mengalahkan Laos dengan score 1-0 dimana kemenangan tersebut memberi tiket buat Indonesia dan Vietnam untuk berlaga di final Piala AFF U-19. Sejak babak pertama dimulai, kedua tim saling serang dan berusaha untuk mencetak gol. Indonesia dan Vietnam secara bergantian melakukan serangan ke jantung pertahanan lawan. Kiper Indonesia Ravi Murdianto tampil gemilang untuk mematahkan tembakan-tembakan yang dilakukan penyerang Vietnam ke gawangnya.



Serangan Indonesia yang dilancarkan oleh Evan Dimas Cs juga berkali-kali merepotkan pertahanan Vietnam dan berkali-kali juga mendapat peluang namun belum membuahkan gol. Kedudukan imbang 0-0 ini bertahan sampai babak perpanjangan waktu usai dan harus diakhiri dengan adu pinalti. Drama adu pinalti ini membuat puluhan ribu supporter Indonesia yang memadati stadion Gelora Delta Sidoarjo serta jutaan penonton Indonesia melalui layar kaca menjadi deg-degan. Bagaimana tidak adu pinalti ini sampai melibatkan penendang ke-10 untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang.

Kemenangan Indonesia ini ditentukan lewat aksi Ravi Murdianto yang menggagalkan tendangan Pham Duc Huy sekaligus berhasilnya Ilham Udin Armayn menaklukkan kiper Vietnam pada saat eksekusi pinalti yang melibatkan eksekutor ke-10. Seluruh pemain, official, dan supporter Indonesia langsung bersorak gembira dan sujud syukur setelah Ilham Udin Armayn berhasil mencetak gol terakhir yang memberi kemenangan buat Indonesia dengan score 7-6. Kemenangan ini menjadi moment penting bagi Indonesia karena sudah lama "puasa" gelar dan semoga kemenangan ini menjadi awal bangkitnya kembali persepak-bolaan Indonesia yang sempat terpuruk belakangan ini.

0 komentar:

Posting Komentar