Home » » Tips Mudik 2013

Tips Mudik 2013

Memasuki cuti bersama dan mendekati hari "H" Idul Fitri 1434 H, arus mudik lebaran meningkat pesat. Para pemudik berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman untuk bisa merayakan lebaran bersama orang tua dan saudara-saudara tercinta. Moment mudik lebaran seolah-olah sudah menjadi tradisi tiap tahunnya baik di Indonesia maupun beberapa negara di luar negeri. Berbagai persiapan matang harus dipersiapkan oleh pemudik mulai dari keberangkatan sampai pulang kembali ke tanah perantauan.


Mudik atau pulang kampung juga tidak perlu bermewah-mewah apalagi harus sampai pinjam duit sana-sini hanya demi supaya terlihat tersohor di kampung halaman. Ingat dan tanamkanlah dalam diri anda apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama mudik tersebut. Dalam perjalanan mudik juga perlu diperhatikan faktor-faktor tertentu untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini ada beberapa tips yang akan admin bagikan kepada ParaNewser yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan semoga bisa menjadi pengingat bagi anda:
  1. Awali perjalanan anda dengan doa
  2. Analisis keuangan anda mulai dari keberangkatan sampai kepulangan anda nantinya.
  3. Jika anda membeli tiket transportasi darat, laut, atau pesawat ada baiknya langsung melakukan booking atau pemesanan untuk pulang pergi.
  4. Bawalah barang bawaan anda secukupnya.
  5. Barang-barang berharga berupa perhiasan sebaiknya ditinggalkan saja atau dititipkan di pegadaian supaya lebih terjamin keamanannya.
  6. Jaga kondisi tubuh selama dalam perjalanan.
  7. Perhatikan kelayakan alat transportasi yang anda gunakan atau tumpangi.
  8. Jangan mudah percaya terhadap calo.
  9. Jangan mudah percaya terhadap orang yang baru anda kenal. Kasus pembiusan melalui minuman yang ditawarkan oleh orang yang baru dikenal yang pernah santer diberitakan harus menjadi pelajaran berharga bagi kita.
  10. Jangan paksakan diri anda menaiki alat transportasi yang over kapasitas.
  11. Selalu berkomunikasi dengan orang tua, saudara, family, atau teman selama dalam perjalanan. Beri kabar baik melalui SMS maupun telepon langsung dengan rentang waktu yang anda rasa pas.
  12. Jika anda naik kendaraan pribadi dan merasa lelah, sebaiknya istirahat saja atau menginap di hotel-hotel terdekat.
  13. Perhatikan panduan keselamatan berkendara.
  14. Gunakan peta atau GPS untuk memandu anda diperjalanan saat melintas daerah yang belum pernah anda lewati. Bertanya kepada orang sekitar juga bisa menjadi alternatif agar tidak tersesat dalam perjalanan.

Demikian tips-tips yang bisa admin berikan bagi anda yang pulang kampung menyambut lebaran kali ini. Ingatlah selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar perjalanan anda sekeluarga senantiasa dalam lindungan-Nya dan tetap dalam keadaan sehat. Semoga perjalanan mudik anda menyenangkan dan dapat berkumpul dengan orang tua, saudara, maupun family dalam merayakan Idul Fitri 1434 H.

0 komentar:

Posting Komentar