Home » , » Suasana Puncak Libur Lebaran 2013 di Parapat

Suasana Puncak Libur Lebaran 2013 di Parapat

Seperti yang sudah diprediksikan sebelumnya, bahwa lonjakan wisatawan ke kota tourist Parapat benar terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (10 dan 11 Agustus 2013). Pengunjung yang didominasi wisatawan lokal memadati kota Parapat yang puncaknya terjadi hari ini (Minggu) yang memang menjadi hari terakhir libur (cuti bersama) untuk Lebaran 2013. Para pengunjung ini ada yang menginap dan ada juga yang satu harian saja (Datang pagi, pulang sore).



Tujuan favorit para wisatawan lokal ini masih tetap dominan ke pantai Danau Toba untuk berenang, naik sepeda air (bebek air), naik jet sky, atau touring naik kapal mengitari Danau Toba. Touring ini biasanya mengunjungi kawasan Batu Gantung yang melegenda, kemudian dilanjut ke Tomok dan Tuktuk di Pulau Samosir, dan kembali lagi menuju Parapat.

Banyak juga dari wisatawan ini memilih duduk-duduk ditepi pantai bersama rombongannya. Sebahagian lagi berjalan-jalan mengitari kota Parapat mulai dari Pesanggrahan yang merupakan tempat pengasingan Presiden Soekarno tempo dulu. Tempat pengasingan ini sering juga disebut dengan Istana Presiden Bung Karno yang sampai saat ini masih berdiri megah di kawasan pantai. Para tamu juga tak lupa berbelanja membeli souvenir (cinderamata) berupa kain, gelang, kalung, cincin, ukiran, patung, barang antik, dll. 



Arus lalu lintas pada puncak libur Lebaran 2013 di kota Parapat ini tergolong dalam kategori "Ramai Lancar". Kemacetan hanya terjadi sewaktu pagi saja, dan setelah itu tidak ada lagi terlihat kemacetan yang mengkhawatirkan. Hal ini cukup meringankan pekerjaan pihak keamanan dari Polres Simalungun dan TNI yang disiagakan disetiap persimpangan dan posko-posko pada titik keramaian lainnya.

Walaupun tamu yang berkunjung pada puncak libur Lebaran tahun ini sangat ramai, akan tetapi jumlahnya menurun dari tahun sebelumnya. Menurut warga, faktor kenaikan BBM dan banyaknya muncul tempat rekreasi baru adalah bebera faktor penyebabnya. Sedangkan faktor lainnya adalah faktor-faktor internal dari kawasan Parapat yang tidak ada perkembangan berarti. Sekitar pukul 20.00 WIB suasana kota Parapat sudah kembali sepi seperti sedia kala.



Senin besok kemungkinan kunjungan wisatawan ke kota Parapat hanya dalam jumlah kecil saja karena kantor pemerintahan dan swasta sudah mulai masuk kerja tanggal 12 Agustus 2013. Lonjakan pengunjung diperkirakan akan terjadi kembali minggu depan saat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang kebetulan terjadi pada saat akhir pekan.

0 komentar:

Posting Komentar