Home » » HUT RI Ke-68 di Parapat Meriah

HUT RI Ke-68 di Parapat Meriah

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 di kota Parapat berlangsung meriah. Upacara peringatan HUT RI ini dilaksanakan di lapangan Open Stage (Pagoda) Parapat yang dihadiri berbagai elemen, institusi dan organisasi yang ada dikawasan kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Pada pagi harinya kota Parapat masih mendung dan turun hujan rintik-rintik, tetapi lama kelamaan berangsur cerah hingga malam harinya.



Sejak pagi peserta upacara hadir bersama dengan rombongannya dengan membawa atribut masing-masing. Upacara baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Camat Girsang Sipangan Bolon yang baru dilantik beberapa hari yang lalu, yaitu bapak Jonri Wilson Purba bertindak sebagai Inspektur Upacara. Naskah proklamasi dibacakan oleh anggota dewan Kabupaten Simalungun, bapak Mansur Purba, SE dan yang bertindak sebagai komandan upacara berasal dari anggota Danramil Parapat.



Selesai mengheningkan cipta, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) langsung memasuki lapangan untuk menunaikan tugasnya mengibarkan Sang Merah Putih. Anggota Paskibra ini berasal dari siswa/i SMA N 1 Girsang Sipangan Bolon. Pasukan penggerek bendera melaksanakan tugasnya dengan baik dengan iringan lagu "Indonesia Raya" dari paduan suara SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon. Sehabis melaksanakan tugasnya, para anggota Paskibra ini langsung meluapkan kegembiraan dengan bersalaman dan berpelukan bahkan ada yang menitikkan air mata karena tugas yang mereka emban berjalan dengan sukses.



Selesai Upacara, para Veteran mendapat bingkisan dari pemerintah sebagai kado HUT RI ke-68. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan hiburan nyanyian, tarian, marching band, dan atraksi lainnya dari siswa/i yang berasal dari berbagai sekolah di kecamatan Girsang Sipangan Bolon ini. Anggota Paskibraka mengawali hiburan dengan menyumbangkan beberapa lagu bagi seluruh orang yang hadir di lapangan Open Stage. Marching band SMP N 2 Girsang Sipangan Bolon dan SMA N 1 Girsang Sipangan Bolon juga turut memeriahkan kegiatan ini.




Dalam peringatan HUT RI ke-68 ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang sudah dimulai sejak hari Kamis, 15 Agustus 2013. Sebelumnya pada hari Kamis telah dilaksanakan lomba gerak jalan, lomba "martumba" atau manortor untuk SD, dan babak penyisihan pertandingan futsal. Pada tanggal 17 Agustus 2013 eberapa lomba yang dilangsungkan pada saat siang sampai sore diantaranya adalah: Lomba mewarnai gambar untuk tingkat PAUD, Final futsal tingkat SD, dan lomba yang paling ditunggu-tunggu yaitu Panjat Pinang.



Padatnya acara membuat warga tetap bertahan di lapangan Open Stage Parapat untuk menyaksikan berbagai kegiatan lomba tersebut. Panjat pinang menjadi lomba penutup dalam kegiatan ini dimana masih dilanjutkan setelah acara penurunan bendera karena hadiah belum semua didapat. Seluruh kegiatan berakhir sekitar pukul 18.30 WIB dan menjadi moment untuk membangkitkan rasa nasionalisme bagi warga Girsang Sipangan Bolon.

0 komentar:

Posting Komentar