Home » , » Khasiat Daun Pirdot

Khasiat Daun Pirdot

PIRDOT, sebuah nama yang cukup aneh mungkin bagi kita semua. Pirdot itu adalah nama tanaman liar yang tumbuh di dekat aliran air atau ditempat lembab/teduh. Pirdot ini berbentuk pohon namun memiliki dahan yang gampang patah. Daunnya berukuran lebar dan memiliki dua sisi warna yang berbeda. Sisi daun bagian atas berwarna hijau, dan sisi daun bagian bawah berwarna kecoklatan. Pirdot memiliki buah kecil yang jika sudah matang dapat dimakan. Buah yang matang akan berisi lendir bening dan biji-biji kecil halus (seperti biji dalam buah naga). Sewaktu kecil admin menyebut buah Pirdot ini dengan buah ingus (mommon) karena lendir yang ada dalam buahnya :) Nama lain dari Pirdot ini di daerah desa Girsang sering disebut dengan GARUAN.



Nah.. sudah tau ciri-ciri tanaman Pirdot kan? Tanpa diduga ternyata daun tanaman Pirdot ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati menggunakan daun Pirdot ini dan sudah banyak yang membuktikannya adalah penyakit DIABETES (Penyakit Gula). Banyak orang datang dari kota ke daerah Girsang dan Sipangan Bolon (desa diseputaran Parapat) untuk  mencari tanaman ini. Tanaman ini  sangat jarang ditemukan karena hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu. Beruntung sekali tanaman Pirdot ini banyak ditemukan di daerah Girsang Sipangan Bolon.



Cara menjadikan daun Pirdot ini menjadi obat, pertama-tama daunnya harus dikeringkan terlebih dahulu. Rebuslah 7 lembar daun Pirdot yang telah kering tersebut dalam wadah yang berisi 3 gelas air. Rebuslah daun tersebut sampai air yang tersisa tinggal satu gelas, lalu ademkan dan konsumsi. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun pirdot yang sudah dikeringkan, kadar gula dalam tubuh anda akan normal kembali. Jika kadar gula sudah normal, ada baiknya anda memperhatikan pola makan anda dengan mengurangi makanan yang mengandung gula. Selain memperhatikan pola makan, tetaplah rajin berolahraga.

Artikel ini admin tuliskan berdasarkan cerita dari seorang penderita Diabetes yang menggunakan daun Pirdot ini untuk menormalkan kadar gula darahnya. Tapi perlu admin tekankan, pastikan anda mengambil daun Pirdot yang asli, sebab ada tanaman yang mirip juga dengan ini. Tanaman yang mirip ini disebut dengan "Bulung ni Motung" (Daun Motung). Daun Motung ukurannya lebih lebar dan buahnya menyerupai buah Kecapi (Sotul), jadi jangan sampai salah ambil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

10 komentar:

  1. menarik sekali informasi obat herbal untuk menderita diabetes. gampang enggak nih cari daun atau obat yang sudah jadi

    BalasHapus
  2. Blm Ada yg di kemas, hanya me carinya gampang, cari tebing jurang at au tebing sungai....

    BalasHapus
  3. Ampuh juga kasiat daun ini bisa mengatasi penyakit diabetes..thx infonya

    BalasHapus
  4. sangat di harapkan kesediaan investor untuk mengolah imformasi ini agar bisa di produksi secara massal menjadi obat herbal alami agar bisa memajukan ekonomi masyarakat lokal dimana habitat pirdot itu berada.
    GBY.

    BalasHapus
  5. Molo di kirim tu Papua, kira2 boi do?

    BalasHapus
  6. Oh ini namanya pohon pridot toh, kirain pohon rambutan...model na ampir sama sih :D hehehhe

    Thanks infonya min

    BalasHapus
  7. {\rtf1\ansi\ansicpg1252
    {\fonttbl\f0\fnil\fcharset0 ArialMT;}
    {\colortbl;\red255\green255\blue255;\red34\green34\blue34;\red255\green255\blue255;}
    \deftab720
    \pard\pardeftab720\partightenfactor0

    \f0\fs26 \cf2 \cb3 \expnd0\expndtw0\kerning0
    \outl0\strokewidth0 \strokec2 Selain tanaman Pirdot ini. Tanan khas yg tumbuh ditanah batak apalagi ya yg biaa menjadi herbal? Atau apa sudah ada website nya khusus tanaman khas dari tanah Batak?}

    BalasHapus
  8. Min bahasa bataknya tumbuhan penyambung nyawa apa ya min
    Tolong di balas
    Penting sangat min
    Terimakasih

    BalasHapus