Home » , » Kunjungan Praeses EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN

Kunjungan Praeses EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN

Pada hari Minggu, 16 Juni 2013 ratusan Pimpinan Jemaat Lutheran dari Jerman berkunjung ke Parapat untuk menjalin dan mempererat persaudaraan dengan Gereja-Gereja yang ada di kawasan Danau Toba Parapat. Pimpinan jemaat dari Jerman ini datang dari berbagai lembaga Gereja yang tersebar di Jerman. Namun admin hanya akan menceritakan kunjungan Prases jemaat EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN ke HKBP Parapat. Hal ini disebabkan admin kebaktian Minggu di HKBP Parapat, dan berita inilah yang dapat admin rangkum untuk diberitakan.



Dari berbagai lembaga Gereja di Jerman yang datang ke kawasan Danau Toba, Jemaat EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN lah yang terutus untuk menjalin kerjasama dengan HKBP. Ompui Ephorus HKBP Pdt. WTP. Simarmata, MA memilih HKBP Parapat sebagai tempat penyambutan Prases (Pimpinan tertinggi) jemaat EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN.

EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN dipimpin oleh seorang Prases perempuan (setara dengan Ephorus) yang bernama Annette Kurschus. Kehadiran Prases dari Jerman ini disambut dengan tarian Tortor Somba Simalungun oleh muda/i HKBP Parapat. Penyambutan ini disambut langsung oleh pucuk pimpinan HKBP beserta rombongan dari kantor pusat HKBP Pearaja Tarutung dan juga Muspika tingkat kecamatan maupun kabupaten. Sebelum kebaktian bersama dimulai, Prases Annette Kurschus diberi kalung bunga oleh anak Sekolah Minggu.



Khotbah pada kebaktian bersama ini dibawakan langsung oleh Prases Annette Kurschus dalam bahasa Jerman dan diterjemahkan oleh Pdt. Dr. Fritz Sihombing. Selesai acara kebaktian diadakan tukar cinderamata antara HKBP dan EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN. Prases Annette Kurschus beserta rombongan dikenakan aksesories Batak Toba sebagai tanda bahwa EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN sudah masuk dalam keluarga besar HKBP.

Acara terakhir adalah jamuan makan bersama dan suguhan vocal group dan tarian Tortor oleh warga Parapat dan naposo dari HKBP Distrik Samosir. Setelah rangkaian acara di Gereja HKBP Parapat usai, Prases Annette Kurschus beserta rombongan melakukan kunjungan silaturahmi ke Masjid Raya Taqwa Parapat. Pengurus Masjid menyambut kedatangan rombongan dengan penuh kekeluargaan.




Setelah kunjungan dari Masjid, Muspika dan Ephorus HKBP beserta rombongan menghantarkan Prases Annette Kurschus beserta rombongan ke salah satu hotel di Parapat untuk beristirahat satu malam lagi. Semoga kunjungan Prases EVANGELISCHE KIRCE von WESFALEN ini memberi berkah buat kota Parapat, tidak hanya dari segi keagamaan saja tetapi juga dari segi pariwisata

0 komentar:

Posting Komentar