Home » , » Olimpiade SOSF XI Berjalan Dengan Sukses

Olimpiade SOSF XI Berjalan Dengan Sukses

Pada tanggal 10 Februari 2013 kemarin, SMA Plus PMS Raya kembali mengadakan Olimpiade SOSF. Acara Olimpiade tahunan ini dilaksanakan bertepatan dengan Tahun Baru Imlek di Komplek SMA Plus PMS Raya. Olimpiade SOSF (Step Of Success Future) tahun 2013 ini merupakan Olimpiade SOSF yang ke-11 kalinya dilaksanakan. Olimpiade ini diperuntukkan untuk siswa/i SMP kelas 9 se-provinsi Sumatera Utara.



Olimpiade SOSF ke-11 ini di ikuti 1273 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP di provinsi Sumatera Utara ini. Peserta dari luar kabupaten Simalungun juga turut serta menguji kemampuannya dalam olimpiade sains ini, diantaranya dari Pematang Siantar, Tebing Tinggi, dan Sidikalang. Olimpiade SOSF ke-11 ini dipusatkan di aula SMA Plus PMS Raya dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Materi pelajaran yang diujikan dalam olimpiade SOSF ini adalah matematika, bahasa Inggris, dan IPA yang seluruhnya berjumlah 60 Soal. Selain untuk mengasah kemampuan siswa/i, Olimpiade SOSF ini juga memperebutkan Piala Bergilir Bupati Simalungun. Selain itu juga siswa/i yang masuk ranking 10 besar akan lulus dalam persyarat administrasi jika kelak berminat mendaftar ke SMA Plus PMS Raya untuk melanjutkan studynya.




Ada yang berbeda dalam SOSF ke-11 ini, dimana panitia mengadakan seminar bagi guru pembimbing/pendamping selama siswa/i melaksanakan ujian. Seminar tersebut mengangkat thema "SEMINAR PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA" dengan mengundang pembicara atau narasumber bapak Drs. Bornok Sinurat, MPd. Bapak Sinurat membagikan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya tentang Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dengan gaya yang cukup menarik sehingga membuat para Guru pembimbing betah untuk mengikutinya. Namun ada yang sangat disayangkan dalam seminar gratis ini, dimana masih ada beberapa Guru yang memilih bercerita-cerita di luar dan acuh terhadap seminar ini. 




Ujian dan seminar selesai sekitar pukul 13.30 WIB dan siswa/i dipersilahkan sejenak untuk makan siang sebelum pemeriksaan LJK (Lembar Jawaban Komputer) selesai dilakukan panitia. Sekitar pukul 14.30 seluruh peserta kembali berkumpul di aula SMA Plus PMS Raya untuk menunggu pengumuman. Sebelum para juara diumumkan, panitia telah mempersiapkan berbagai rancangan acara untuk menghibur siswa/i yang terlihat stres sehabis mengikuti olimpiade. Acara tersebut diantaranya kata-kata sambutan, tarian Simalungun yang dibawakan siswa/i SMA Plus PMS Raya, dan juga persembahan lagu dari seluruh panitia Olimpiade SOSF XI.

Dipenghujung acara merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta SOSF maupun guru pembimbing, yaitu pengumuman juara 10 besar Olimpiade SOSF XI. Berikut adalah nama-nama peserta ranking 1 sampai ranking 10:


Dari kiri kekanan - Juara 1 - Juara 10

Juara 1 atau ranking 1 diraih oleh Badiaraja Gurning dari SMPN 1 Sidikalang dengan total nilai 26,53. Namun untuk juara umum dan berhak membawa Piala Bergilir Bupati Simalungun masih tetap diraih oleh SMP Swasta Bintang Timur Pematang Siantar yang merupakan juara umum pada tahun sebelumnya. Peserta yang paling banyak mengikuti Olimpiade SOSF setiap tahunnya juga selalu didominasi oleh siswa/i SMP Swasta Bintang Timur Pematang Siantar.


Untuk mengetahui ranking 1 sampai dengan ranking terakhir ataupun ranking per sekolah, anda dapat mendownload file ranking SOSF XI dengan melakukan click disini. Hasil dari olimpiade ini bisa menjadi acuan dan juga penyemangat untuk lebih giat belajar lagi. Selamat buat para juara, sukses selalu buat panitia, dan sukses buat seluruh siwa/i peserta SOSF XI. Sampai berjumpa kembali di Olimpiade SOSF XII di tahun yang akan datang.

2 komentar:

  1. The article is very beneficial, may be useful to the society or the self who wrote the the article.

    BalasHapus
  2. mantap semua berjalan sesuai apa yg di mau..sukses selalu ya

    BalasHapus