Home » , , » Pesta Danau Toba 2012

Pesta Danau Toba 2012

Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya Pesta Danau Toba 2012 dipastikan digelar pada tanggal 28 - 31 Desember 2012 di Parapat Kabupaten Simalungun. Hal ini disampaikan oleh camat Girsang Sipangan Bolon sewaktu penutupan acara Kemilau Budaya Sumatera Utara 2012 yang dilaksanan di Open Stage Parapat bulan November kemarin. Tanggal pelaksanaan acara Pesta Danau Toba 2012 ini juga dipastikan oleh camat ketika peserta kontingen Pesparawi kecamatan Girsang Sipangan Bolon menyinggung hal tersebut.

Pelaksanaan acara Pesta Danau Toba tahun ini kembali dilaksanakan di akhir tahun seperti pelaksanaan acara Pesta Danau Toba 2011. Jadwal acara Pesta Danau Toba 2012 ini sudah tiga kali tertunda. Rencana awal pelaksanaan acara ini adalah bulan Juli 2012. Akan tetapi karena dana pesta tahunan rakyat seputaran Danau Toba ini tidak ditampung dalam anggaran APBD Sumatera Utara, maka jadwal diubah kembali. Hal ini tentu sangat mengecewakan dimana Pemprovsu seakan-akan tidak serius untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata.


Setelah APBD direvisi, maka jadwal Pesta Danau Toba 2012 ini direncanakan dilaksanakan di bulan Oktober 2012. Kemudian jadwal acara ini kembali diubah menjadi akhir minggu bulan November 2012. Namun karena dana APBD yang dianggarkan untuk acara ini tidak sesuai dengan permintaan panitia, maka acara ini diundur kembali menjadi akhir Desember 2012. Tujuannya adalah supaya ada waktu untuk menggalang dana tambahan untuk mensukseskan acara ini.

Perubahan jadwal ini membuat bingung banyak pihak, terutama yang bergerak dalam industri pariwisata. Pengunjung yang datang ke Parapat pada bulan November 2012 kemarin juga banyak yang bertanya-tanya tentang acara Pesta Danau Toba tersebut. Para pengunjung tersebut tidak mengetahui kalau jadwal Pesta Danau Toba 2012 kembali berubah. Pengelola hotel dan biro travel juga banyak yang kecewa dengan jadwal acara yang berubah-ubah tersebut. Hal ini berpengaruh terhadap jasa yang dijual oleh mereka. Menurut beberapa pemilik hotel kelas melati, pelaksanaan acara Pesta Danau Toba di penghujung tahun tidak begitu berarti untuk mendongkrak tingkat wisatawan domestik maupun mancanegara. Menurut mereka ada atau tidak adanya acara Pesta Danau Toba di penghujung tahun, tingkat hunian hotel di Parapat pasti selalu penuh.


Namun walaupun demikian, semua komponen di kecamatan Girsang Sipangan Bolon ini selalu siap untuk mendukung dan mensukseskan acara tahunan ini. Acara tahunan ini menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan Wisata Danau Toba kepada dunia internasional. Maka melalui blog ini, admin mengajak pembaca semua untuk datang berkunjung ke Parapat pada tanggal 28 - 31 Desember 2012 bagi anda yang ingin bertamasya untuk menghabiskan penghujung tahun 2012. Pesta Danau Toba 2012 akan menyajikan aneka lomba, ragam budaya, dan hiburan bagi keluarga anda. Sukseskan Visit Indonesia 2012, salah satunya dengan berkunjung ke Danau Toba :)

0 komentar:

Posting Komentar