Home » » Pekan Tigaraja Tanggal 29 Desember 2012 Ditiadakan

Pekan Tigaraja Tanggal 29 Desember 2012 Ditiadakan

Tigaraja adalah sebuah desa yang menjadi Pusat pajak/pasar tradisional di Parapat. Sejak dahulu kala tempat ini dijadikan sebagai tempat pekan (dalam bahasa batak "Pokkan" - Transaksi jual beli) karena berada di pertengahan kota Parapat dan daerah sekitarnya. Hari pekan di Tigaraja dilaksanakan 3 kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Tetapi pekan yang paling besar terjadi pada hari Sabtu. Jika pekan hari Selasa dan Kamis hanya berlangsung kurang lebih setengah hari, berbeda untuk hari Sabtu yang berlangsung mulai pagi sampai sore hari (sekitar jam 07.00 WIB s/d 18.00 WIB).



Penjual dan pembeli yang berbelanja pada hari Sabtu tidak hanya berasal dari Parapat saja, tetapi juga dari daerah luar Parapat (Seperti Ajibata, Tomok/Samosir, Pematang Siantar, Tiga Dolok, Balata, Porsea, Lumban Julu, Balige, dll). Pada pekan hari Sabtu bukan hanya diramaikan oleh kaum tua, tetapi juga diramaikan oleh kaum muda/i (pelajar) dan anak-anak. Biasanya siswa/i sepulang sekolah (SD, SMP, SMA) akan ikut serta meramaikan pekan hari Sabtu di Tigaraja walaupun hanya sekedar berjalan-jalan.

Akan tetapi pemandangan seperti itu tidak akan terlihat pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 nanti. Pekan hari Sabtu 29 Desember 2012 ditiadakan dan digantikan menjadi hari Kamis tanggal 27 Desember 2012. Kebijakan ini diambil semata-mata demi untuk mensukseskan acara Pesta Danau Toba 2012 yang dipusatkan di Open Stage Parapat. Pesta Danau Toba 2012 akan digelar mulai tanggal 27 s/d 31 Desember 2012 yang acaranya dipusatkan di Parapat. Dengan diambilnya kebijakan meniadakan pekan hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012, maka kemacetan lebih gampang dikendalikan. Pada hari-hari besar atau event-event tertentu, jalan kota Parapat sering over kapasitas. Hal ini disebabkan lebar jalan tidak mampu menampung volume kendaraan yang datang ke Parapat (terutama daerah Siburak-burak - dekat Open Stage Parapat).

 

 


Oleh sebab itu bagi anda yang akan berkunjung ke Parapat pada tanggal 29 Desember 2012 dan berencana masak sendiri, ada baiknya anda membawa perbekalan dari daerah tempat tinggal anda. Info ini juga menjadi pemberitahuan bagi penjual atau pembeli di kawasan Parapat dan sekitarnya yang belum mengetahui berita ini. Semoga dapat membantu.

0 komentar:

Posting Komentar