Home » , , » Acara Pesta Danau Toba 2012 Secara Resmi Dibuka

Acara Pesta Danau Toba 2012 Secara Resmi Dibuka

Hari ini (jumat, 28 Desember 2012) acara Pesta Danau Toba 2012 secara resmi dibuka. Acara pembukaan ini dilakukan di Pantai Bebas Parapat. Sebelum acara pembukaan dimulai, obor Pesta Danau Toba (PDT) yang diarak oleh Bikers dan Abang Becak BSA Siantar dari Pematang Raya menuju Parapat telah tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.30 WIB.

Pembukaan Pesta Danau Toba 2012


Rombongan panitia dan pejabat teras Sumatera Utara hadir di lokasi  pada pukul 09.30 WIB. Beberapa tokoh dan pejabat yang hadir diantaranya adalah Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara - H. Gatot Pujo Nugroho, Pangdam I/BB - Mayjen TNI Lodwik F. Paulus, Kapolda Sumut - Irjen Pol - Wisjnu Amat Sastro, anggota DPD RI - Parlindungan Purba SH MH, anggota DPRD Sumut - Jhon Hugo Silalahi, Bupati Simalungun - DR. JR. Saragih, SH MM, Ketua Umum Panitia Pesta Danau Toba 2012 - Ir. Jan Wanner Saragih, M.si, tokoh-tokoh agama, dll.

  

Pasukan pendekar Simalungun untuk mengamankan acara

Acara diawali dengan doa lintas agama yang dibawakan oleh tokoh-tokoh agama (Islam, Kristen, Budha). Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia - Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan suguhan Tor Tor Somba Simalungun yang dibawakan oleh siwa/i SMA N 1 Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan laporan panitia PDT 2012 oleh Ir. Jan Wanner Saragih, M.si. Dalam laporannya disebutkan bahwa maksud dan tujuan Pesta Danau Toba ini adalah untuk melestarikan budaya dan juga danau toba serta mempromosikannya sebagai salah satu ikon pariwisata keseluruh penjuru dunia.

Doa lintas agama

Tor Tor Somba Simalungun

Laporan Ketua Umum Panitia PDT 2012

Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari bupati Simalungun oleh bapak DR. JR. Saragih SH, MM. Setelah bupati selesai menyampaikan kata sambutannya, para tamu disuguhkan tarian "Tor Tor Sipitu Sawan" yang dibawakan oleh penari dari Yayasan Pusuk Buhit Sakti. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara bapak H. Gatot Pujo Nugroho. Acara ini direncanakan dibuka oleh MENKO Perekonomian RI, akan tetapi beliau berhalangan hadir dan akhirnya dibuka secara resmi oleh H. Gatot Pujo Nugroho. Pemukulan gondang menandai acara Pesta Danau Toba 2012 telah dibuka secara resmi.


 
  

Tor Tor Sipitu Sawan

Kemudian obor PDT diserahkan oleh pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara kepada Bupati Simalungun dan seterusnya diserahkan kepada ketua umum panitia PDT 2012. Pada acara penutupan 31 Desember 2012, obor ini akan diserahkan kepada Bupati Samosir yang merupakan tuan rumah Pesta Danau Toba 2013. Parade kapal hias turut serta menyemarakkan acara pembukaan PDT 2012 yang melintas di tepi pantai bebas Parapat setelah acara selesai.

 



Acara diakhiri dengan makan bersama yang telah disediakan oleh panitia. Acara pembukaan ini juga selesai sebelum Sholat Jumat, sehingga tidak mengganggu yang beragama Muslim untuk melakukan Sholat Jumat. Dalam jadwal kegiatan, acara akan dilanjutkan dengan lomba Vocal Solo yang diadakan pada pukul 14.00 - 18.00 WIB di panggung pantai bebas Parapat. Untuk jadwal kegiatan secara lengkap, dapat anda lihat di postingan sebelumnya yaitu "Sekilas Info Pesta Danau Toba 2012".

1 komentar: