Home » » Jadwal Kapal Penyeberangan Ferry Ajibata - Tomok

Jadwal Kapal Penyeberangan Ferry Ajibata - Tomok

Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba. Pulau ini menjadi salah satu ikon pariwisata di Sumatera Utara. Pulau Samosir terletak di kabupaten Toba Samosir yang merupakan salah satu kabupaten yang dimekarkan. Bagi anda pengendara kendaraan bermotor (roda dua, roda empat, roda enam, roda sepuluh) yang ingin berkunjung ke pulau Samosir, maka anda dapat menyeberang dengan memilih jalur alternatif dengan menggunakan Kapal Ferry dari Ajibata Kabupaten Tobasa. Ajibata adalah salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan kota Parapat, jadi anda harus melintasi kota Parapat jika menggunakan jalur darat untuk mencapai Ajibata.


Layanan jasa kapal penyeberangan Ajibata - Tomok ini memiliki dermaga di Ajibata dan Tomok (Samosir). Layanan jasa ini dikelola oleh swasta dengan mengerahkan dua kapal ferry yang dinamai dengan KMP Tao Toba I dan KMP Tao Toba II. Namun pada hari-hari biasa yang paling sering dipergunakan adalah KMP Tao Toba II. Sedangkan KMP Tao Toba I hanya difungsikan pada saat-saat tertentu (biasanya pada saat membludaknya antrian kendaraan yang ingin menyeberang).

Pada hari-hari biasa, layanan jasa penyeberangan Ajibata - Tomok ini memiliki jadwal tertentu. Namun pada hari-hari besar (misalnya Imlek, Tahun Baru, Idul Fitri) jadwal ini tidak berlaku lagi. Pada hari-hari besar tersebut KMP Tao Toba I dan II akan dikerahkan secara bersamaan sampai seluruh antrian kendaraan terangkut semuanya. Sedangkan jadwal penyeberangan pada hari-hari biasa dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:


Bagi anda yang ingin menyeberang pada hari-hari besar seperti yang sudah admin sebutkan sebelumnya, sebaiknya anda datang lebih pagi untuk menghindari antrian yang cukup  panjang. Dari pantauan admin selama ini, panjangnya antrian pada hari-hari besar bisa mencapai kurang lebih 1 Km. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua.


2 komentar:

  1. mohon info tarif penyebrangan ajibata-tomok dengan kendaraan mikro bus roda 6 :)

    BalasHapus
  2. Jadwal mulai pukul 8 pagi sd jam 9 mlm.tp klo hari libur usahakan antri r 12 jam sblmnya,krn dr pengalaman pelayann disemua dermaga,parapat,tigaras,msh blm profesional,msh ada pungli dan nepotisme,ini merupakan kritik buatbpemprop dan pemda,krn jiklau msh spt ini bakaln tdk akan maju tanah moyangku ini.trmksh

    BalasHapus